ScrollFx

Rabu, 02 April 2008

PROFESI DI BIDANG SISTEM INFORMASI

Bidang Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi merupakan bidang yang sejak tahun 1981 sampai saat ini menjadi obyek pengabdian utama Yayasan Pendidikan Gunadarma. Penyelenggaraan Program Pendidikan bidang Ilmu Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi ini merupakan wujud nyata pengabdian kepada masyarakat dari Yayasan Pendidikan Gunadarma dalam memberikan sumbangan kepada Pemerintah guna menyiapkan tenaga profesional, dan siap pakai di bidang ilmu dan teknologi, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing di era globalisasi ini.

Memasuki milenium ke 3 dan era globalisasi ini, peranan teknologi serta sumber daya manusia akan sangat menonjol. Dalam hal ini perlu diberikan prioritas utama pembangunan dan sumber daya manusia guna dapat mendukung program pemerintah dan sektor swasta yang semakin berkembang pula.

Pengaruh globalisasi telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat serta perkembangan perekonomian yang pesat, termasuk yang berhubungan dengan ilmu dan teknologi informasi serta komputer yang sangat membutuhkan teknologi yang maju dan tepat guna.

Pendidikan bidang Komputer dan Informatika serta Sistem Informasi tersebut sesuai dengan misi dari Yayasan Pendidikan Gunadarma yang bertujuan untuk menghadirkan sumber daya manusia di tingkat Diploma, Sarjana dan Magister yang profesional, dan handal di lingkungan global dewasa ini.

TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

Tujuan Pendidikan pada program studi Sistem Informasi menitikberatkan pada pengajaran dan pembinaan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, bermoral, memiliki wawasan dan inovasi yang luas, etika profesional serta mampu mengembangkan sistem informasi dengan mengimplementasikan teknologi informasi terkini pada beberapa bidang apliksi.

TUJUAN UMUM

Secara umum, tujuan diselenggarakannya program sarjana sistem informasi adalah untuk menghasilkan lulusan yang :

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana sistem informasi.
  2. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan disiplin ilmu sistem informasi melalui kegiatan penelitian.
  3. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan sistem informasi.
  4. Memiliki sikap terbuka, tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang berkaitan dengan ilmu sistem informasi dengan tetap berpengang teguh pada prinsip intelektual, sosial, kultural.
  5. Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan persoalan masyarakat yang berhubungan dengan disiplin ilmu sistem informasi.
  6. Memiliki kemampuan kewirausahaan.
  7. Memiliki kemampuan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi.

TUJUAN KHUSUS

Secara khusus dan praktis, seorang sarjana sistem informasi harus memiliki kemampuan untuk :

  1. Menghargai hasil karya serta menjunjung tinggi norma dan etika profesi dibidang sistem informasi.
  2. Menganalisis sistem informasi untuk menentukan metode yang terbaik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bidang Sistem Informasi.
  3. Mengaplikasikan konsep pengembangan sistem informasi pada suatu organisasi dengan mengimplementasikan teknologi informsi terkini.
  4. Memperluas wawasan dan mengembangkan inovasi baru dalam bidang Sistem Informasi.
  5. Berpikir secara kritis untuk menemukan solusi dari persoalan masyarakat yang berhubungan dengan disiplin ilmu Sistem Informasi.
  6. Mencari dan mengelolaan peluang bisnis yang tepat dalam bidang Sistem Informasi.

0 komentar:

Guestbook